Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh menerima kunjungan Rombongan Majelis Ulama Thailand

0
131
Meureudu – 16/11/2023, Ketua Mahkamah Syar’iyah Meureudu Saleh Umar, S.H.I menyaksikan kunjungan Majelis Ulama Thailand ke MS Aceh secara daring. Kunjungan Rombongan Majelis Ulama Thailand berjumlah 33 orang yang dipimpinan Tuan Guru H. Abdullah dan H. Zakaria diterima oleh Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Dr. H. Darmansyah Hasibuan, S.H., M.H.  di Aula Hasballah Lt. III Mahkamah Syar’iyah Aceh.
Pertemuan ini juga disaksikan langsung oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dari Mahkamah Syar’iyah Kutacane. Kegiatan ini dihadiri Hakim Tinggi, Ketua dan Hakim seluruh Mahkamah Syar’iyah Kab/Kota se Aceh via. During dan pejabat struktural dan fungsional Mahkamah Syar’iyah Aceh.
Dalam sambutannya Dr. Drs. H. Rafi’uddin, M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan Rombongan Majelis Ulama Sanggara Thailand merupakan suatu kehormatan, kebanggan dan kemuliaan yang kami terima telah bersilaturrahmi ke MS Aceh.
Berkaitan dengan pelaksanaan Syariat Islam pada prinsipnya sama denga pelaksanaan syariat Islam di Indonesia, namun untuk Aceh mempunyai kekhususan dengan adanya Mahkamah Syar’iyah sebagai Qadha yang menangani 10 jenis perkara, sesuai dengan Qanun Nomnor 6 Tahun 2014 yang merupakan kekhususan di Aceh untuk pelaksanaan Syariat Islam yang berbeda dengan peradilan di luar Aceh. Aceh yang terdiri dari 23 Kabupaten/Kota, dan satu Mahkamah Syar’iyah tingkat Banding dan 23 Mahkamah Syar’iyah Kab/Kota.
Jadikan pertemuan ini sebagai jalinan silaturrahmi, dan kita juga saling bertukar pikira, pengalaman dalam hal pelaksanaan syariat Islam, pengalaman ini tentunya sangat berharga bagi kami, dan acara dibuka dengan Bismillahirrahmanirrahim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here